Sunday, April 15, 2012

posting kali ini adalah membuat program pascal yang pertama yaitu hello world, untuk anda yang baru mengenal bahasa pemrograman pascal dan belum mempunyai compilernya silahkan di download di https://sourceforge.net/projects/freepascal/files/latest/download?source=files dan jika anda sudah mempunyai programnya silahkan langsung dibuka untuk segera praktek. disini saya menggunakan free pascal

 

Capture

Oke, kita mulai pelajaran,

  • File –> New
  • ketik Code di bawah ini ( saya tidak menyarankan untuk mengcopy )

Program Pertama;
uses crt;
begin
clrscr;
write(‘Hello world’);
readln;
end.

  • Simpan file F2 dengan nama program pertama
  • jalankan program Ctrl + F9

bahasa pascal selalu di akhiri dengan tanda ; kecuali begin dan end.
uses crt; adalah code gandengan clrscr; yang berguna untuk membersihkan layar,
begin adalah code pembuka dalam pascal
write(‘Hello world’); adalah code perintah untuk menulis hello world
readln; adalah code untuk menahan layar
end. code penutup program

Ade Yahya Prasetyo | Author

Saat ini, saya hanyalah seorang pelajar dari kampung, MA UMMUL QURO. Saya sangat tertarik dengan teknologi apalagi tentang bahasa pemograman komputer. Menulis juga menjadi keseharian saya, dan blog ini adalah gambaran alakadarnya tentang tulisan saya.

2 comments:

  1. Program kedua;
    uses crt;
    begin
    clrscr;
    writeln('Ajarin bikin matriks donk');
    gotoxy(20,40);
    readln;
    end.

    ReplyDelete
  2. oke .. tapi dasar aja ya .. itu yang di vb ada . . .

    ReplyDelete